Hari ini : Minggu, 21 2018

NEWS

Lewat GrabGerak, Grab Tingkatkan Akses bagi Penyandang Disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta, 11 Oktober 2018 – Grab, mobile platform O2O terkemuka di Asia Tenggara dan official mobile platform partner Asian Para Games 2018, hari ini resmi memperkenalkan layanan GrabGerak di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai wujud komitmennya dalam mendukung mobilitas para penyandang disabilitas melalui akses transportasi yang aman, nyaman, dan terjangkau. GrabGerak merupakan sebuah solusi transportasi unik yang didedikasikan untuk mendukung para penyandang disabilitas mendapatkan lebih banyak akses dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari.

29.530 penyandang disabilitas yang tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta menghadapi beragam isu mobilitas harian, seperti trotoar yang dipenuhi pedagang kaki lima, jembatan bagi pejalan kaki tanpa fasilitas elevator, bahkan area khusus penyandang disabilitas yang disalahgunakan oleh para pengemudi transportasi umum. Guna mewujudkan kota Yogyakarta yang inklusif dan ramah bagi semua termasuk penyandang disabilitas, Dinas Sosial DIY telah menjalankan berbagai inisiatif untuk memenuhi hak pendidikan dan kesehatan, termasuk revitalisasi fasilitas umum seperti pemasangan guiding block di trotoar dan gedung di penjuru kota untuk memudahkan aktivitas harian mereka. Sebagai wujud dukungan terhadap inisiatif Pemerintah DIY tersebut, Grab meluncurkan layanan GrabGerak diYogyakarta untuk mewujudkan ekosistem yang inklusif dan ramah bagi para penyandang disabilitas. 

“Selain pendidikan dan kesehatan, Grab percaya bahwa mobilitas dan aksesibilitas merupakan hak dasar setiap manusia termasuk penyandang disabilitas dan lansia. Setelah sukses diluncurkan di Jakarta pada bulan April lalu, Yogyakarta menjadi kota kedua yang memiliki layanan GrabGerak. Layanan ini merupakan upaya mendukung para penyandang disabilitas dalam meraih aspirasi dan tujuan hidup mereka. Inisiatif ini merupakan perpanjangan DNA brand kami sebagai penghubung melayani keragaman demografi pelanggan kami dengan lebih baik. Lebih dari sekedar transportasi yang aman, nyaman dan terjangkau, Grab hadir untuk memberikan makna dari setiap perjalanan yang dilalui bersama Grab dengan membantu pengguna terhubung dengan hal-hal yang terpenting dalam hidupnya, dalam hal ini kesetaraan aksesibilitas bagi mereka yang berkebutuhan khusus,” ungkap Mediko Azwar, Marketing Director of Grab Indonesia.

Grab mendukung mobilitas penyandang disabilitas melalui serangkaian inisiatif berikut:

●        ​Layanan yang ramah bagi penyandang disabilitas: Grab juga memperkenalkan GrabGerak, layanan terbaru yang dirancang secara khusus bagi penyandang disabilitas dengan mengutamakan aspek keamanan dan kenyamanan.

●        Armada khusus GrabGerak: Grab menyediakan 100 armada GrabCar dengan stiker khusus GrabGerak di Yogyakarta selama tahap uji coba.

●        Mitra pengemudi yang telah mendapatkan sertifikasi: 100 mitra pengemudi GrabGerak yang beroperasi pada tahap peluncuran telah melalui proses pelatihan khusus seputar kesetaraan dan layanan bagi penyandang disabilitas, serta pengetahuan mengenai keamanan mendasar yang dilakukan olehAdvokasi untuk Disabilitas Inklusi (Audisi). Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan mereka dalam melayani penyandang disabilitas dengan bantuan khusus.

Salah satu universitas terkemuka di Yogyakarta yang juga menyediakan fasilitas bagi pelajar penyandang disabilitas adalah Universitas Islam (UIN) Yogyakarta. Dr. Arif Maftuhin MA, Ketua Pusat Layanan Difabel UIN Yogyakarta mengungkapkan, ”Kami menyambut gembira hadirnya layanan GrabGerak ini karena salah satu hambatan terbesar disabilitas adalah mobilitas dan layanan transportasi yang ramah disabilitas. Mahasiswa di sini juga sering menggunakan moda transportasi onlineuntuk mobilitas mereka ke kampus dan kegiatan di luar kampus. Semoga apa yang dilakukan Grab dapat mendorong terwujudnya Yogyakarta yang lebih inklusif dan ramah kepada difabel.”

Inisiatif untuk mendukung mobilitas penyandang disabilitas bukanlah sebuah komitmen sesaat bagi Grab. Pada Juni lalu, Grab telah menyerahkan donasi 10 unit sepeda motor 3 roda kepada Difa Bike, layanan transportasi khusus disabilitas di Yogyakarta, yang berhasil digalang bersama dengan KitaBisa.com dari pengguna layanan Grab dan masyarakat di Tanah Air, baik melalui KitaBisa.com, media sosial maupun penukaran poin GrabRewards. Grab juga turut mendukung pelaksanaan pesta olahraga Asian Para Games 2018 sebagai official mobile platform partner.

GrabGerak akan menjadi layanan baru yang tengah diuji coba di Yogyakarta, melengkapi layanan Grab yang telah tersedia saat ini, seperti GrabCar, GrabBike, GrabCar Plus, GrabCar 6 Seater, GrabFood, dan GrabExpress. Ke depannya, Grab akan terus bekerja sama dengan para mitra untuk meningkatkan layanannya dan memberikan pelatihan ke lebih banyak mitra pengemudi.

“Ini merupakan langkah awal bagi perusahaan kami untuk melayani seluruh demografi pelanggan di Indonesia sepenuhnya. Kami akan terus mencari peluang dan meningkatkan layanan kami sehingga semua orang, terlepas dari latar belakang dan kondisi fisiknya, dapat menikmati layanan transportasi terbaik dan meraih aspirasi hidupnya. Kami harap dapat terus berkontribusi dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia termasuk teman-teman penyandang disabilitas.” tutupMediko.

Grab merupakan perusahaan ride-hailing paling sering digunakan di Indonesia dengan pangsa pasar mencapai 65%. Keberhasilan Grab dalam menyediakan layanan transportasi on-demand yang aman dan terjangkau telah menjadi landasan yang kuat untuk strategi everyday app miliknya. Saat ini, Grab memberikan layanan on-demand dengan cakupan terluas di 235 kota di 8 negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia di mana Grab melayani kebutuhan masyarakat Tanah Air akan layanan transportasi dan pengantaran yang aman, nyaman, dan terjangkau di 137 kota mulai dari Sabang sampai Merauke. Baru-baru ini Grab mengumumkan peluncuran Grab Platform, sebagai bagian dari strategi platform terbuka untuk menciptakan ‘everyday superapp’ pertama di Asia Tenggara. Grab akan menambahkan beragam layanan harian yang sering digunakan ke dalam aplikasi Grab, bersama dengan para mitra unggulan, yang dapat menggunakan GrabPlatform untuk mengintegrasikan layanan mereka dengan Grab.

OHTER POST

ACT DIY dan UII Kembali kirimkan Bantuan Truk Kemanusiaan Untuk Sulawesi Tengah

Kepedulian warga Jogja dalam m

...


MEMBIASAKAN BAHASA INGGRIS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Di Era globalisasi sekarang

...


Gratis Berenang di Jogja Bay Saat Hari Batik Nasional

Jogja Bay Pirates Adventure Wa

...