Hari ini : Rabu, 29 September 2021

NEWS

ARTJOG MMXXI Masih Daring Hingga PPKM Darurat Dilonggarkan

Tema festival pada tahun ini dibingkai dengan tajuk Time (to) Wonder, sebagai lanjutan dari trilogi tema pameran Asrts In Common. Pemilihan seniman untuk ARTJOG tahun ini kembali dilakukan melalui undangan dan seleksi panggilan terbuka. Sejumlah 41 seniman (perorangan maupun kelompok) menampilkan karya-karya mutakhir yang mengangkat ihwal "waktu" sebagi konsep kunci pameran ini.

Meskipun diselenggarakan di tengah berbagai keterbatasan ARTJOG bertekad tetap hadir untuk masyarakat dengan bekal pengalan dari tahun lalu. Perubahan-perubahan kebijakan publik yang terjadi selama masa pandemi justru mendorong ARTJOG untuk merencanakan segala sesuatunya dengan lebih rinci. "Kita berhadpaan dengan periode yang tidak menentu, yang membuat kami semakin terbiasa dengan antisipasi dan improvisasi," terang Direktur ARTJOG, Heri Pemad.

 

Adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM darurat) mengharuslan ARTJOG MMXXI berjalan dengan format daring sejak awal pelaksanaannya. Berkaitan dengan hal tersebut, Heri Pemad berharap agar pemerintah dapat membuka diri dan memiliki keberpihakan kepada para seniman dan pelaku kreatif. ARTJOG yang tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19 sejak tahun lalu, menawarkan format pelaksanaan pameran sebagai percontohan yang bisa diterapkan sebagai kebiasaan baru.

 

"Banyak sekali seniman dan pelaku budaya khususnya di Kota Yogyakarta mengharapkan aturan jelas. Supaya tetap dapat mempertanggungjawabkan kewajibannya sebagai seniman dengan mempresentasikan karya kreatifnya. Karya kreatif yang tidak melulu bersifat menghibur, tapi lebih dari itu, bahwa seniman bisa memberikan tawaran pemikiran-pemikiran yang berguna bagi kehidupan bermasyarakat," jelasnya.

 

Gading Pakis, Sekretaris Yayasan Hita Pranajiwa Mandaya selaku penyelenggara ARTJOG, menyampaikan bahwa ARTJOG hadir bukan untuk melanggar aturan, atau menantang kondisi. "Secara penyelenggaraan, kami sudah siap menjadi ruang eksperimen bersama untuk teman-teman seniman dan pekerja kreatif, supaya tetap bergerak dan survivedi masa-masa seperti ini. Artinya, ketika ruang diskusi ini ada, kemudian akan muncul respon dan masukan, muncul evaluasi, baik dari Pemerintah dan teman-teman seniman tentunya" tambahnya.

 

Sementara menanti kebijakan selanjutnya, berbagai program dan sajian ARTJOG MMXXI dapat dinikmati daring melalui website www.artjog.id dan akun resmi media sosial ARTJOG.

OHTER POST

Apresiasi Kelestarian dan Keterawatan WBCB

Warisan Budaya dan Cagar Buday

...


Wujud Bakti untuk Negeri SCH jadi Mall Sentra Vaksinasi Pertama di Jogja

Sebagai salah satu pusat perbe

...


JCM Plant Festival Manjakan Pecinta Tanaman di Yogyakarta

Jogja City Mall sebagai salah

...