Hari ini : Senin, 06 Desember 2021

NEWS

SAMBUTAN KEPALA DINAS KEBUDAYAAN (KUNDHA KABUDAYAN) KOTA YOGYAKARTA DALAM ACARA FESTIVAL JOGJA KOTA TAHUN 2021 DI EMBUNG GIWANGAN

Kota Yogyakarta- Puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-NYA kita masih diberikan kesempatan dan kesehatan untuk berkumpul dalam acara pembukaan Festival Jogja Kota Tahun 2021 yang diselenggarakan di Embung Giwangan pada malam hari ini.

 

“Kenormalan baru” yang kemudian kita terima sebagai bagian dari cara hidup, telah menciptakan kebaruan-kebaruan dalam cara kita berkebudayaan. Situasi ini harus kita tangkap sebagai momentum

untuk merumuskan ulang strategi pemajuan kebudayaan, khususnya di wilayah Kota Yogyakarta.

Festival Jogja Kota Tahun 2021 adalah salah satu ikhtiar Pemerintah Kota Yogyakarta untuk beradaptasi terhadap transformasi kebudayaan yang sangat dinamis. Dinas Kebudayaan (Kunda Kabudayan) Kota Yogyakarta bersama-sama dengan pelaku budaya dan masyarakat berkolaborasi untuk menghadirkan kembali ruang-ruang kebudayaan selama masa pandemi. Festival ini adalah puncak dari serangkaian kegiatan budaya yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta mulai dari Lomba Cipta Ilustrasi Musik Penguatan Citra Budaya Kota Yogyakarta, Festival Permainan Rakyat, dan kegiatan- kegiatan lainnya dalam rangka pelestarian, pengembangan, dan pembinaan kebudayaan di wilayah Kota Yogyakarta.

 

Terselenggaranya Festival Jogja Kota menjadi bukti bahwa semangat kebudayaan masyarakat Kota Yogyakarta tidak pernah berhenti. Sajian karya seni budaya yang dipertunjukan di sepanjang Embung Giwangan ini adalah sebuah ekspresi budaya yang lahir dari kesadaran atas indentitas kebudayaan Kota Yogyakarta di satu pihak, dan sikap adaptif terhadap konteks situasi zaman di pihak lain. Bukti konkret dari realitas ini dapat kita saksikan melalui representasi karya budaya dalam wujud totem yang direkonstruksi dari penggalian sejarah dan identitas kampung di 45 kelurahan Kota Yogyakarta.

 

Festival Jogja Kota yang diselenggarakan selama dua hari, yakni tanggal 6 dan 7 November 2021 ini akan menampilkan potensi budaya dari 45 kelurahan dan 14 kemantren di Kota Yogyakarta. Bersama-sama kita akan menyaksikan sajian seni budaya yang bukan hanya berpijak pada warisan tradisi melainkan juga sentuhan-sentuhan kreasi yang menjadikan kebudayaan lebih kontekstual untuk diterima antargenerasi. Festival Jogja Kota juga menjadi ajang pementasan para pelaku seni yang sebelumnya menorehkan prestasi dalam berbagai ajang perlombaan kebudayaan baik di tingkat kota maupun provinsi.

Akhirnya, kami mengucapkan selamat merayakan kebangkitan kebudayaan Yogyakarta melalui Festival Jogja Kota Tahun 2021. Semoga festival ini menjadi pelecut semangat bagi kita semua untuk bersama-sama memajukan kebudayaan Kota Yogyakarta.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan. Sekian. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yang terhormat,

Bapak Walikota Yogyakarta

Bapak Wakil Walikota Yogyakarta

Ketua DPRD Kota Yogyakarta

Ketua Komisi D DPRD Kota Yogyakarta

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta

Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat

Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian dan Pembangunan

Staf Ahli Walikota Bidang Administrasi Umum

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Asisten Administrasi Umum

Paniradya Pati Kaistimewan DIY

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY

Kepala OPD Pemerintah Kota Yogyakarta

OHTER POST

Ngayogjazz 2021 : Tetap Ngejazz di Desa Lan Waspada

Digelar pertama di tahun 2007,

...


Diikuti 45 Kalurahan, Wawali Yogya Buka Festival Jogja Kota di Embung Giwangan

Wakil Walikota (Wawali) Yogyak

...


SEGARA ; /se.ga.ra/ Pameran Tunggal Hani Santana

Berkenalan Secara Tidak Sengaj

...


Race and Rise 2021 Bersama GMEDIA

Event sport pertama yang disel

...